Iklan

Tips Mencuci Mobil Sendiri yang Baik dan Benar

Pencucian mobil yang bagus tidak sekedar menggunakan mesin tercanggih, ini adalah langkah-langkah mencuci mobil yang sederhana, mudah, dan memberikan hasil maksimal.

Apa yang Anda butuhkan:

1. Sabun cuci mobil. Jangan gunakan sabun biasa! Sabun biasa seperti yang biasa digunakan untuk mencuci piring, terlalu kuat untuk komponen-komponen yang terbuat dari karet sehingga dapat merusak beberapa bagian exterior mobil Anda.

2. Lap pembersih. Lap pembersih memiliki bahan yang ekfektif dalam membersihkan noda-noda di mobil Anda. Spon juga dapat digunakanan untuk membersihkan mobil Anda, tetapi akan lebih mudah apabila menggunakan lap pembersih. Jangan menggunakan handuk biasa, handuk hanya mendorong-dorong noda yang menempel di mobil Anda ke bagian lain, bukan mengambil dan membersihkan noda tersebut.

3. Dua buah ember.

4. Lap pengering. Lap pengering yang halus akan membuat proses pengeringan mobil Anda menjadi lebih cepat.

5. Tempat yang teduh. Terkena sinar matahari langsung saat pengeringan dapat berakibat pada munculnya bercak-bercak di mobil Anda.

Langkah-Langkah Pencucian Mobil:

1. Semprot noda bandel. Apabila mobil anda terkena kotoran burung, serangga, getah pohon atau noda yang susah dibersihkan lainnya, terlebih dahulu semprotkan sabun cuci mobil pada noda-noda tersebut. Hal ini untuk membantu pembersihan noda tersebut pada proses selanjutnya.

2. Bersihkan roda mobil. Apabila roda mobil Anda benar-benar kotor, bersihkan roda terlebih dahulu sebelum bagian lainnya. Jangan bersihkan roda mobil Anda ketika kondisinya masih panas (setelah digunakan berjalan di jalan aspal dalam jarak yang jauh), karena dapat menimbulkan bercak, dinginkan terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan sabun cuci mobil biasa, tetapi sekarang ini telah banyak produk pencucian mobil yang dikhususkan pada pembersihan roda mobil, gunakan produk-produk tersebut akan memudahkan Anda membersihkan roda mobil Anda.

Setelah itu, semprot roda dengan air dari selang, setelah itu gosok roda Anda menggunakan sikat halus, Anda juga dapat menggunakan lap pembersih yang biasa digunakan pada exterior mobil, tapi jangan menggunakan lap yang akan Anda gunakan untuk membersihkan exterior mobil Anda, karena roda memiliki noda yang berukuran relatif besar dan dapat merusak cat mobil Anda apabila Anda menggunakan lap yang sama dengan yang Anda gunakan untuk membersihkan exterior lainnya.

3. Semprot mobil. Semprot mobil Anda menggunakan air dimulai dari atap mobil lalu turun menuju kap depan dan belakang. Membilas mobil ketika kap terbuka sangat tidak disarankan karena dapat merusak segel-segel karet yang ada di mesin terutama bila mobil Anda sudah cukup berumur.

4. Gunakan dua ember. Mungkin Anda pada awalnya bertanya mengapa harus menggunakan dua ember, jawabannya adalah karena sementara ember yang satu berisi air yang dicampur dengan sabun, ember yang satunya akan berisi air saja dan digunakan untuk membersihkan lap yang Anda gunakan untuk mencegah air sabun tercampur dengan kotoran dari mobil.

5. Gosok mobil Anda. Gosok mobil Anda menggunakan lap yang sudah diberi air sabun dimulai dari atap mobil menuju ke kap depan dan belakang. Jangan menekan terlalu keras karena dapat menimbulkan lecet pada cat mobil. Ketika membersihkan, pastikan permukaan exterior mobil dalam keadaan yang cukup basah sehingga tidak beresiko membuat lecet cat.

Setelah semua permukaan mobil tersabuni bersihkan lap di ember yang berisi air saja dan usap sabun tersebut untuk membersihkan noda-noda yang masih tersisa.

6. Pembilasan. Setelah noda-noda hilang, saatnya Anda menyiram mobil Anda dengan air untuk membersihkan busa sabun dan kotoran-kotoran yang sudah terlepas.

7. Pengeringan. Hal yang perlu diingat adalah untuk mengeringkan mobil sesegera mungkin untuk menghindari bercak-bercak air. Gunakan lap pengering untuk mengeringkan sisa-sisa air dan jangan lupa untuk meletakkan mobil Anda di tempat yang cukup teduh untuk menghindari kontak langsung dengan cahaya matahari.

sumber

Iklan

About Mas Kopdang

rahasia

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: